Kamis, 03 Maret 2011

Bertahun-tahun Warga Pandan Sari Konsumsi Air Asam

Mon, Jan 24th 2011, 08:34

KUALA SIMPANG - Warga Desa Pandan Sari, Kemukiman Gunung Mesjid, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, sejak beberapa tahun lalu mengkonsumsi air yang mengandung zat asam. Warga berharap Pemkab Tamiang maupun donatur, membantu membangun sumur bor di desa mereka.

Community Mobilizer Logika Dua, Izzuddin kepada Serambi, Minggu (23/1) mengatakan, adanya warga yang telah lama mengkonsumsi air mengandung zat asam, terungkap dalam pertemuan antara warga dengan pihak LSM Logica. “Warga mengeluh sudah bertahun-tahun mengkonsumsi air yang tidak layak minum, karena mengandung zat asam,” ujarnya.

Untuk menghilangkan zat asam yang terkandung dalam air, warga menyaringnya dengan sistim tradisional. Namun zat asam yang hilang hanya bersifat sementara setelah itu muncul kembali.

Kondisi yang sama juga terjadi di Desa Benteng Anyer, sebagian sumber air dari sumur tanah warga juga mengadung zat asam. “Memang di sekitar pemukiman warga terdapat kebun sawit milik perusahaan perkebunan, namun sampai saat ini belum diketahui penyebab kenapa air sumur di sana asam,” kata dia.

Izuddin yang didampingi Kordinator Logica Dua Manyak Payed, Faisal Radli, menambahkan, air yang mengandung zat asam berbahaya bagi kesehatan, berpengaruh terhadap pencernaan, dan bisa menyebabkan gangguan lambung serta ginjal. “Dari hasil pertemuan dengan warga, mereka sangat berharap pemerintah maupun para dermawan agar membangun sumur bor di desa mereka, sehingga warga mendapatkan air bersih yang layak konsumsi,” ujar Izuddin.(md)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar