Senin, 24 Januari 2011

Dongkrak PAD : Pemkab Tamiang Buka Kebun Daerah

Mon, Jan 10th 2011, 08:33

KUALA SIMPANG - Pemkab Aceh Tamiang pada tahun 2011 akan membuka perkebunan karet milik pemerintah daerah seluas 150 hektare guna mendongkrak pendapatan daerah.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, H Awaluddin SH SPn MH kepada Serambi, Minggu (9/1) mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir Pemkab Tamiang terus menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditargetkan Rp 20 milar lebih. Hal ini dilakukan mengingat penerimaan daerah dari hasil dana perimbangan daerah terus menurun. “Kita terus mengupayakan sumber pendapatan baru yang belum tergali,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah akan membuka unit usaha milik daerah yang berorientasi profit. “Tahun 2011 kita buka perkebunan karet seluas 150 hektare yang dananya bersumber dari dana Otsus dan dana tambahan hasil migas,” ujarnya.

Awaluddin menambahkan, program pembangunan perekonomian seperti pengembangan sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan dijadikan target untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan pengurangan angka pengangguran. “Sektor pertanian penyumbang terbesar PDRB Aceh Tamiang karena mayoritas kepala keluarga bekerja pada sektor ini,” ujarnya.

Penguatan di bidang ini, kata Wabup, akan dilakukan dengan memberikan bantuan pengembangan usaha seperti bibit tanaman, ternak, perikanan, revitalisasi lahan, perbaikan infrastruktur pertanian, dan kemudahan akses pasar. “Kita juga menjalin kerja sama dengan mitra kerja untuk pelaksanaan peremajaan kebun kakao rakyat seluas 500 hektare,” pungkasnya.(md)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar